Menu Tutup

4 Bahan T-Shirt (Oblong) Kaos yang Perlu Anda Tahu

Anda ingin mencetak sablon di t-shirt (oblong) kaos tapi bingung harus memilih bahan apa yang bagus untuk digunakan? Untuk mencetak sebuah kaos sablon, ada beberapa pilihan jenis bahan dan tentu saja ada bebeberapa pilihan tipe sablon. Nah, untuk menjawab kebingungan Anda, berikut ini adalah jenis-jenis bahan kaos yang bisa Anda cetak untuk seragam komunitas Anda.

Cotton Combed (CM)

Apa yang membedakan bahan cotton dengan cotton combed (CM)? Cotton Combed  lebih lembut karena tidak memiliki kotoran atau benang yang menonjol dan lebih kuat dari cotton biasa karena proses penyisiran yang menghilangkan serat pendek sehingga tidak rentan terhadap kerusakan.

Setelah menyisir, serat yang diluruskan bergabung dan dieratkan sehingga tidak akan terurai. Cotton Combed menjadi lebih halus karena yang diperlukan selama proses pembuatan adalah cottonnya yang disisir sehingga lebih mahal dan mewah daripada catton biasa. Cotton Combed terasa sangat nyaman ketika Anda gunakan karena sifatnya yang lembut.

Carded (CD)

Hampir sama dengan Cotton Combed, bahan carded juga terbuat dari katun. Namun yang membedakan antara  cotton carded dari cotton combed adalah tidak melalui proses penyisiran. Meski demikian bahan katun carded juga merupakan serat yang sangat kuat.

Serat katun ini semakin kuat ketika basah dan menjadikannya kain yang ideal untuk kaos yang perlu sering dicuci atau kaos yang Anda kenakan untuk aktivitas setiap hari. Serat yang kuat memastikan kaos tetap sama dengan yang Anda beli.

Cotton carded juga tahan terhadap panas dan terjaga dengan baik saat Anda menyetrika kaos. Serat  katun yang kuat memungkinkan Anda untuk menggunakan deterjen cuci macam apapun, jika Anda ingin, untuk menjaga pakaian Anda sangat bersih

Polyester (PE)

Polyester adalah serat sintetis yang  menjadi pilihan banyak orang karena harganya yang lebih murah dan memiliki banyak manfaat yang tidak dimiliki bahan katun. Polyester  memiliki serat kuat yang tidak cepat kusut,  fleksibel, dan tahan terhadap kerutan.

Bahan polyester sangat populer di kalangan atlet karena sifatnya yang lembab, serat yang kuat, dan terasa ringan. Tidak seperti serat alami, polyester non-alergenik dan tidak mendorong pertumbuhan bakteri. Terlebih lagi, bahan polyester dapat didaur ulang.

Teteron Cotton (TC)

Bahan Teteron Cotton adalah campuran katun 30% dan persentase polyester 80% / 20%. Tetron adalah nama lain dari polyester asal Jepang. Jika dibandingkan bahan Cotton, bisa dikatakan Teteron Cotton agak panas jika digunakan. Namun kelebihan bahan ini adalah halus dan tidak akan kusut ataupun melar walaupun sudah dicuci berkali-kali.

Sudah mengenal bahan-bahan kaos yang biasa digunakan untuk sablon? Hendak memilih bahan mana saja semua tergantung pada pilihan Anda. Nah, untuk mencetak kaos sablon di perusahaan digital printing, maka minimum jumlah kaos yang dicetak adalah  4 Lusin atau 48 buah.

Sementara waktu pengerjaannay adalah 12 hari kerja setelah desain selesai dan benar-benar sesuai. Adapun tipe sablon yang bisa Anda pilih adalah :

  1. Screen Printing
  2. Rubber
  3. Pasta, super white (SW)
  4. Separasi khusus
  5. Plastisol HD
  6. Glitter
  7. Pigmen
  8. Glow in the dark
  9. Flocking atau beludur
  10. Polyflex
  11. Print and cut

Pilihan tipe sablon bisa Anda sesuaikan dengan desain pada T-Shirt (Oblong) Kaos Anda. Semakin bagus pilihan tipe sablon, maka akan semakin bagus hasilnya.